SISTEM PENGENDALIAN TORSI PADA MOBIL LISTRIK ARUGO
Keywords:
Mobil listrik, Motor BLDC, Arduino, Load Cell, Sistem Kendali TorsiAbstract
Mahasiswa Teknik Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta telah membuat dan mengembangkan kembali mobil listrik yang dinamakan ARUGO. Kendala yang dihadapi dari mobil listrik ARUGO adalah belum mencapai kecepatan yang optimal dan belum memiliki sistem kendali torsi untuk meningkatkan performa ketika berbelok. Oleh karena itu, dilakukan beberapa perubahan pada mobil listrik ARUGO yaitu pergantian dan modifikasi dari masing-masing motor BLDC dan driver motor BLDC, perubahan sistem kemudi, perakitan ulang aliran kabel, dan penambahan sistem kendali torsi dengan menggunakan Load Cell sebagai sensor pada kemudi dan Arduino sebagai controller untuk pemrosesan dengan pengendali proporsional dan pengaturan distribusi sinyal pada keempat driver motor BLDC. Hasil pengujian dari mobil listrik dengan menggunakan sistem kendali torsi memberikan perolehan kecepatan maksimal 35 km/jam, akselerasi 1,08 m/s², jarak tempuh 54,5 km, konstanta gesek sebesar 0,041 dan sistem kendali yang dapat meningkatkan kecepatan ketika berbelok saat pengujian pada lintasan zig-zag yang juga berpengaruh terhadap nilai radius putar yang lebih kecil ketika berbelok.
